Mengenal istilah dan Sejarah Bisnis MICE

Training Pembekalan Caleg Perindo DPW Jatim Malang
September 13, 2018

Mengenal istilah dan Sejarah Bisnis MICE

Pernah dengar istilah MICE tapi masih belum paham betul artinya apa? Sesuai namanya, MICE adalah singkatan dan istilah dalam industri bisnis yang membagi dalan menjadi 4 kategori, yakni Meetings, Incentives, Conference, dan Exhibitions.

Jadi, setiap kota yang menyatakan dirinya sebagai MICE destination wajib memenuhi kebutuhan akan keempat jenis event yang masuk dalam kategori MICE ini. PIES Institute merangkum dari berbagai sumber tentang sejarah dan istilah tersebut.

1. Meetings
Meetings adalah event pertemuan yang dilaksanakan baik secara terbuka untuk umum maupun tertutup oleh instansi tertentu untuk mencapai sebuah kesepakatan akan sebuah topik tertentu. Topik yang didiskusikan bisa berupa training peningkatan kinerja SDM, perencanaan strategi korporat (biasanya pada skala perusahaan multinasional), persidangan, hingga pembahasan isu sosial dan politik.

 

2. Incentives
Incentives dapat dibilang sebagai jenis event yang paling berbeda diantara empat kategori MICE events. Incentives tourism adalah jenis pariwisata yang murni berisikan hiburan bagi para pegawai perusahaan yang telah mencapai target atau menunjukan produktivitas yang luar biasa kepada perusahaan tempat mereka mengabdi. Biasanya perusahaan akan memberikan incentive tourism kepada karyawan mereka setahun sekali untuk meningkatkan moral para karyawan mereka.

 

3. Conference
Conference atau konferensi adalah event yang paling umum dilaksanakan dalam skala besar. Konferensi pada umumnya membahas suatu topik dan didiskusikan secara lebih formal dan intensif untuk mencapai sebuah solusi akan suatu masalah. Salah satu contoh event konferensi internasional terdekat yang akan diselenggarakan di Indonesiaadalah Hospitality Investment Conference Indonesia (HICI) pada 26-27 April 2017.

 

4. Exhibitions
Exhibitions adalah event yang biasanya dibuka untuk umum. Tujuan dari event exhibition sendiri biasanya murni untuk tujuan pengembangan bisnis. Perusahaan dapat memperkenalkan diri mereka, produk, dan juga mencari customer potensial dalam pameran. Tentu saja, kalian pun pasti sudah pernah ke event-event pameran baik dari skala lokal seperti pameran pendidikan hingga pameran berskala internasional seperti pameran otomotif dan teknologi.
Sejak Kapan Sih MICE Events Dilaksanakan?

Ini adalah pertanyaan menarik yang jawabannya dapat ditarik hingga awal abad ke 19. Pada tahun 1896 di Detroit, Michigan, Amerika Serikat, sekelompok pebisnis mulai menyadari pentingnya event-event pertemuan untuk menarik alur investasi masuk dan mengembangkan bisnis dan kota mereka. Maka, mereka pun membuat sebuah event pertemuan yang undangannya disebar ke seluruh negara bagian. Pada saat itulah dibentuk biro konvensi pertama yang disebut-sebut sebagai awal mula lahirnya MICE events.

Sementara, salah satu event formal terbesar dan tertua yang dicatat dalam sejarah renaisance modern adalah konverensi Vienna yang dilaksanakan dari September 1814 hingga Juni 1815!

Pembentukan organisasi dan asosiasi internasional pun membantu pengembangan MICE events hingga bisa tumbuh seperti sekarang ini. Berikut adalah beberapa organisasi dan asosiasi internasional yang memegang peranan penting dalam pengembangan penting dalam pengembangan MICE events:• International Association of Exhibitions and Events (IAEE), didirikan pada 1928
• Professional Convention Management Association (PCMA), didirikan pada 1957
• Association Internationale des Palais de Congres (AIPC), didirikan pada 1958
• International Congress and Convention Association (ICCA), didirikan pada 1963
• European Federation of Conference Towns (EFCT), didirikan pada 1964
• International Association of Professional Congress Organizers (IAPCO), didirikan pada 1968
• British Association of Conference Destinations (BACD), didirikan pada 1969
• Meeting Professionals International (MPI), didirikan pada 1972
• Meetings & Events Australia (MEA), didirikan pada 1975
• Association of British Professional Conference Organizers (ABPCO), didirikan pada 1981
• Meeting Industry Association (MIA), didirikan pada 1990

Dan hebatnya, semua asosiasi itu masih berdiri hingga sekarang dan kamu dapat mengunjungi website mereka dengan meng-klik tautan di atas!
Berada Di Manakah Posisi Indonesia Saat Ini Di Mata Dunia Dalam Penyelenggaraan MICE Events?

Sumber: Fitnnews
Berdasarkan data yang dihimpun oleh FTNNews, secara statistik Indonesia menempati peringkat 5 sebagai negara destinasi MICE Events di Asia Pasific dengan Bali sebagai destinasi MICE paling populer.
Tak bisa dipungkiri selain memiliki infrastruktur ruang pertemuan yang memadai, Bali juga menyajikan pariwisata alam yang indah ditemani dengan kesempatan untuk mengekplorasi kekayaan kultural yang menarik di mata internasional.

Meskipun Indonesia berada satu tempat di bawah Indochina (Vietnam, Kamboja, dan Laos), Indonesia dapat dibilang menjadi kompetitor utama bagi Thailand dan Singapore yang merajai pariwisata MICE selama 2016. Pemerintah pun tengah giat memperbaiki dan menambah infrastruktur untuk mengakomodasi event-event berskala internasional ke depannya. Jadi, kesempatan untuk mengalahkan Thailand dan Singapore dalam penyelenggaraan event pun terbuka luas.

Nah, sudah mulai mengenal tentang pariwisata MICE dan pentingnya asosiasi dan juga ornasisasi yang membantu terselenggaranya event-event MICE, kan? Buat kamu yang merasa hal ini adalah potensi besar untuk berkarya dan ingin ambil bagian dalam mengembangkan industri pariwisata MICE di Indonesia, kamu bisa loh mengambil kuliah jurusan Event Management di universitas yang menyediakan pendidikan event hingga jenjang strata 1!
Mari kita buat Indonesia menjadi negara destinasi MICE terbaik di Asia!

Sumber gambar : DSG
Sumber: Bluelemongroup