Menguak Bahasa Tubuh

Shadow Dancing
March 31, 2016
Foto Didik Madani Salam Wow
October 13, 2016

Menguak Bahasa Tubuh

motivator indonesia didik madani motivasi karyawan pt hm smpoernaMotivator Indonesia Didik Madani – Sebenarnya bahasa tubuh adalah hal sederhana yang membutuhkan pengamatan dan akal sehat saja, dibandingkan buku yang berisi aturan-aturan. Bahasa tubuh merupakan ekspresi lahiriah dan kondiri batin seseorang. Bahasa tubuh hanyalah efek akibat dari dorongan perasaan yang menggelora untuk menjelma di bagian-bagian tubuh.

Bahasa tubuh adalah komunikasi pesan nonverbal (tanpa kata-kata). Menurut Richard E. Potter dan Larry A. Samoval dalam Intercultural Communication, bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artefak (lambang yang digunakan), diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh.

Bahasa tubuh adalah bahasa yang diucapkan tubuh kita. Dapat dilakukan secara sadar (terkendali), dapat pula dilakukan tanpa disadari (tak terkendalikan). Bahasa tubuh yang dilakukan secara sadar dapat dan mudah dimanipulasi, disesuaikan apa yang diucapkan.

Sebaliknya, bahasa tubuh terucap tanpa disadari dapat mengungkapkan makna rahasia yang tak terlontar dari mulut. Tatapan mata, gerakan tangan, gerakan kepala, dan ekspresi wajah merupakan beberapa bagian tubuh yang sering berbicara.

Mata adalah bagian tubuh yang paling sulit diajak berbohong. Gerakan bola mata, sinar mata, arah tatapan, hingga frekuensi kedipan mata mengatakan apa yang tak dikatakan mulut. Orang yang sedang berbohong umumnya tak berani melakukan kontak mata saat sedang berbicara, atau cenderung memandang ke arah kiri atas.(*)