Metode PIES untuk Mengendalikan Karyawan Sulit

Training Peningkatan Kompetensi di Badan Penanaman Modal Jatim
March 31, 2018

Metode PIES untuk Mengendalikan Karyawan Sulit

Karyawan 'sulit' perlu mendapat pelatihan khusus yang bisa menjadikan mereka sebagai aset perusahaan.

PIES Institute – Salah satu bab di buku Power Speaking yang ditulis Motivator Didik Madani adalah membahas bagaimana berkomunikasi dengan tipe karyawan yang ‘sulit’. Orang yang sulit biasa disebut sebagai difficult people. Bagi seorang atasan, menangani bawahan yang sulit merupakan sebuah tantangan tersendiri. Hal ini bukan hanya bisa meruntuhkan wibawanya, tetapi sangat melelahkan hati. Merusak reputasi, dan membikin frustrasi.

Dalam banyak kasus, orang yang dikira sulit itu tidak selalu benar-benar sulit. Melainkan atasannya yang belum tahu bagaimana cara memimpinnya. Begitu menerapkan cara memimpin yang tepat, mereka ’berubah’ menjadi orang-orang yang sangat koperatif. Apakah Anda memiliki bawahan yang sulit? Ataukah justru Anda adalah bawahan yang sulit bagi atasan Anda?

Kebanyakan orang kegirangan ketika mendapatkan promosi jabatan. Tak jarang yang kemudian ’makan hati’ saat menjalani hari-hari sulit dalam memimpin orang. Bahkan tidak sedikit yang menutupi ketidakmampuannya dalam memimpin orang lain dengan memberi label bawahannya sebagai orang sulit.

Secara objektif, memang ada orang-orang yang sangat sulit diatur hingga tidak segan untuk melakukan pembangkangan. Mereka pada dasarnya orang-orang yang tidak mau menerima kepemimpinan atasannya. Namun secara subjektif, tidak jarang juga ’kesulitan’ itu ditimbulkan oleh ketidakmampuan atasan untuk menyesuaikan gaya kepemimpinannya dengan sifat dan karakter bawahan.

 

Undang Motivator Didik Madani, Penemu PIES Tes Potensi Diri

Hubungi
PIES Institute
08113308000
www.pies.co.id
www.didikmadani.com